Cara Membedakan Kulit Sapi Asli Dan Imitasi

20.36 Unknown 0 Comments

Kulit sapi adalah bahan yang harganya bisa dibilang mahal karena keindahan alami kulit dan kekuatannya kulit sapi dijadikan sebagai kerajinan kulit seperti dompet, tas, sarung pisau dan lain-lain. apa hubungan kulit sapi disini ? yaitu kulit sapi sebagai bahan baku pembuatan equipment Falconry seperti anklet, glove, bag, hood dan lain-lain yang tentu harganya tidak murah. Namun equipment yang terbuat dari kullit sintetis/imitasi harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan kulit sapi asli, bayangkan bahaya nya jika memakai equipment kulit imitasi yang mudah rusak ? anklet jesse yang terbuat dari kulit imitasi akan mudah rusak dan mengakibatkan BOP lepas atau escape. Berikut merupakan tips membedakan kulit sapi asli dan sintetis.

1. Serat

diambil dari https://i.ytimg.com/
Pada gambar disamping kulit sapi asli memiliki permukaan yang kasar dan memiliki serat yang tidak beraturan seperti gambar disamping keduanya merupakan kulit sapi asli sebelah kiri adalah kulit full grain sedangkan yang kanan adalah kulit pull up. Berbeda dengan kulit sapi asli, kulit sapi sintetis/imitasi memiliki permukaan yang halus dan serat pada kulit sintetis beraturan/konsisten seperti pada jok motor bahkan ada yang tidak memiliki serat seperti kulit vinyl yang biasa di jadikan sabuk.





2. Bahan Belakang

diambil dari http://static.wixstatic.com/media/
Kulit sapi asli mempunyai bahan yang tidak beraturan dan sangat kasar serta memiliki bau yang sangat khas sedangkan pada kulit sapi imitasi/sintetis memiliki permukaan yang semi halus yaitu hanya terdapat benang-benang yang rapi karena hanya buatan.









3. Tidak Merambatkan Api

Jika dibakar ujungnya, kulit asli tidak akan merambatkan api. Kulit asli hanya akan gosong dan panas jika dibakar. Sedangkan sintetis karena terdapat benang, akan merambatkan api. Api akan menjalar ke bagian yang lainnya. Selain itu, aroma kulit yang dibakar akan menghasilkan bau gosong sedangkan sintetis akan menghasilkan bau plastik yang dibakar.

4. Kelenturan

Kulit asli memiliki kelenturan yang lebih tinggi dibanding dengan sintetis. Berbeda dengan kulit asli hewani, karena terbuat dari bahan yang mengandung plastik, sintetis tidak memiliki kelenturan yang tinggi seperti kulit hewan asli sehingga mudak koyak dan sobek.


Itulah tadi beberapa perbedaan kulit sapi asli dan Imitasi, semoga bermanfaat dan menjadikan para Falconer berhati-hati dalam memasang equipment agar aman.

You Might Also Like

0 komentar: