Set Pengikat Kaki

14.46 Unknown 0 Comments


1. Anklet

Merupakan perangkat utama penting dalam Falconry, karena anklet merupakan sepasang gelang kaki yang mengikat kaki BOP, tanpa anklet kaki bop tidak bisa terikat dengan kuat dan nyaman karena (dalam bahasa Inggris anklet : gelang kaki) pada umumnya anklet terbuat dari kulit sapi asli yang mempunyai bermacam- macam model dan lapisan.

2. Jesses

Merupakan sepasang tali pendek yang menghubungkan anklet dengan swivel, swivel (besi yang memiliki poros yang dapat berputar). Adapun fungsi jesses adalah sebagai keeper saat BOP tidak sedang memakai leash dan juga untuk membatasi gerakan BOP saat sedang berada di atas glove. Jesses yang lazim digunakan biasanya leather jesses yang terbuar dari kulit sapi, braided jesses yang terbuat dari anyaman tali prusik dan paracord jesses.



3. swivel

Swivel adalah perangkat yang penting dalam set pengikat kaki karena swivel adalah besi yang mempunyai poros yang bisa berputar 360 drajat sehingga aman bagi BOP bergerak tanpa takut terlilit jesse, bahkan ada suatu kasus di Indonesia di mana burung hantu jenis Strix Seloputo kakinya terkelupas akibat terlilit jesse kulit.




4. hook/carabiner

Merupakan perangkat yang tidak terlalu penting dalam Falconry, hook/carabiner adalah sebuah cantolan yang termasuk dalam peralatan logam berbentuk seperti pengait atau cantolan seperti pada tali tas. Kegunaan hook adalah untuk menghubungkan swivel pada leash, leash ( tali panjang yang digunakan untuk mengikat ke perch).



5. leash

Leash adalah tali panjang yang bisanya digunakan untuk mengikat BOP ke perch maupun di gunakan saat latihan jarak dekat. Leash biasanya memakai tali prusik dan kulit, di Indonesia sendiri umumnya memakai leash prusik yang ketebalannya di tentukan jenis burung nya, namun di luar negeri seperti German, selain leash prusik dan paracord mereka juga menggunakan leash berupa tali kulit sapi asli berbentuk seperti jesse sangat panjang.

6. bell

Sebenarnya bell juga merupakan perangkat penting dalam Falconry, fungsinya adalah dapat mengetahui pergerakan BOP saat dalam bahaya, mengetahui keberadaan BOP dan lainnya.Adapun juga kekurangan bell yaitu, mengganggu aktivitas berburu sehingga mangsa kabur dan lari serta mengurangi kelebihan burung hantu yang terbang tanpa suara.





itulah yang dapat saya jelaskan kurang lebih dan kesalahannya mohon maaf tolong di koreksi.
maaf sumber gambar tidak bisa dicantumkan di gambar.

You Might Also Like

0 komentar: